LAPORAN INFEKSI RUMAH
SAKIT
TAHUN 2014 (Januari- Juni 2014)
1. PENDAHULUAN
Terjangkitnya infeksi Rumah Sakit dan fasilitas kesehatan/HAIs
(Hospital Aquired Infections),
artinya infeksi yang terjadi dirumah sakit. Hal ini berimplikasi sangat luas
menimbulkan masalah bagi penderita dan dapat merugikan nama baik rumah sakit.
Sebagai sebuah penyakit yang berdiri sendiri (terlepas
dari keterkaitan penyakit dasar) yang muncul sebagai akibat tindakan medis dan
asuhan keperawatan yang dilakukan baik sesuai SPO atau pun tidak, maka infeksi
nosokomial dapat mempengaruhi morbiditas dan mortalitas penyakit dasar. Akibat
lain adalah hari rawat yang lebih panjang dan itu berarti perlu adanya tambahan
biaya sedangkan bagi rumah sakit dapat memberikan kesan kurang baik terhadap
pencegahan infeksi yang merupakan indikator keselamatan pasien rumah sakit.
2. PENGORGANISASIAN
Berdasar pada SK Direktur Utama Rumah sakit Paru Dr. M. Partowidigdo
No: KP.02.0711/5094/2012 Tentang Pembentukan
Panitia Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Rumah Sakit Paru dr. M.
Partowidigo tanggal 11 Juli 2012 bahwa PPIRS berbentuk Panitia
Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit, terdiri dari berbagai unit terkait yang bertanggung jawab kepada
Direktur Medik dan Keperawatan.
Kemudian untuk operasional, ada Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi
Rumah Sakit yang terdiri dari unsur perawat (IPCN
=Infection prevention control nurse dan IPCLN= Infection prevention control
link nurse)
PPIRS
mempunyai peran penting dalam rangka memberikan pelayanan yan berkualitas terhadap pasien, baik
langsung ataupun tidak langsung. Memberi pengertian dan tambahan wawasan
terhadap pasien dan pengunjungnya tentang perkembangan penyakit dan kuman setidaknya akan mempengaruhi tingkat
kesembuhan pasien.
Kendala
yang dihadapi
:
1.
Dalam
perjalan kinerjanya PPIRS masih menghadapi beberapa kendala antar lain belum
ditetapkannya IPCN yang fulltime sehingga
banyak hal yang tidak tergarap antara lainnya adalah pekerjaan survey yang harus
dilakukakan secara kontinyu dan berkesinambungan.
2.
Beberapa
kerjasama yang semestinya di lakukan dengan unit lainnya menjadi tidak dapat
dilakukan contohnya mendisain sebuah
ruangan seharusnya melibatkan unsur PPIRS untuk memberikan masukan kepada tim/unit/pihak yang melaksanakan pembangunan sehingga dapat sesuai atau paling tidak
mendekati kaidah PPI
3.
Masukan PPIRS tidak bisa langsung dilaksanakan mengingat
keadaan, iklim dan cuaca, biaya yang
belum teranggarkan dan lain-lain
4.
Petugas IPCN belum purna waktu, masih diberi tugas
merangkap
Harapan-harapan
1.
Masukan dari PPI untuk keselamatan pasien dan keselamatan
pekerja dapat diperhatikan oleh seluruh pegawai dan pengambil keputusan.
2.
Semua kendala saat ini dapat dihilangkan pada tahun ini.
3.
PPIRS
kedepan bisa memberikan kontribusi yang baik untuk peningkatan mutu layanan di RSPG Cisarua Bogor dan
bisa berkolaborasi dengan unit yang lain untuk kemajuan RSPG dan akhirnya
berpartisipasi dalam mewujudkan mayarakat
Indonesia yang berkualitas, Sehat dan Mandiri sehingga usia harapan
hidup akan lebih baik.
4.
Petugas PPI / IPCN dapat bertugas secara purna waktu dengan
jumlah tenga sesuai dengan kapasitas tempat tidur yaitu 1:100 TT.
3. TABEL ANGKA INFEKSI
REKAP ANGKA INFEKSI
|
||||||||||||||||
RUMAH SAKIT PARU
Dr. M. GOENAWAN PARTOWIDIGDO
|
||||||||||||||||
JANUARI - JUNI 2014
|
||||||||||||||||
NO
|
BULAN
|
PENYEBUT
|
PEMBILANG
|
|||||||||||||
IVL
|
UC
|
WSD
|
ETT
|
CVL
|
TIRAH BARING
|
Ventilator Assosiated Pneumonia
|
Hospital Acquired Pneumonia
|
Infeksi Saluran Kemih
|
Infeksi Aliran Darah
|
Phlebitis Lab
|
Phlebitis IVL
|
Infeksi Luka WSD
|
Decubitus
|
|||
1
|
JANUARI
|
3182
|
63
|
71
|
0
|
0
|
168
|
0
|
0
|
0
|
0
|
4
|
51
|
0
|
0
|
|
2
|
FEBRUARI
|
2685
|
23
|
63
|
0
|
0
|
123
|
0
|
0
|
0
|
0
|
2
|
39
|
0
|
1
|
|
3
|
MARET
|
2672
|
32
|
64
|
0
|
0
|
165
|
0
|
0
|
1
|
0
|
5
|
54
|
1
|
1
|
|
4
|
APRIL
|
1582
|
79
|
171
|
0
|
0
|
137
|
0
|
0
|
0
|
0
|
8
|
28
|
0
|
0
|
|
5
|
MEI
|
1475
|
67
|
31
|
0
|
0
|
55
|
0
|
0
|
0
|
0
|
5
|
20
|
0
|
0
|
|
6
|
JUNI
|
885
|
0
|
23
|
0
|
0
|
12
|
0
|
0
|
0
|
0
|
5
|
8
|
0
|
0
|
|
JUMLAH
|
12481
|
264
|
423
|
0
|
0
|
660
|
0
|
0
|
1
|
0
|
29
|
200
|
1
|
2
|
||
DALAM /MIL
|
0,00
|
0,00
|
3,79
|
0,00
|
2,32
|
16,02
|
2,36
|
3,03
|
NO
|
JAN-JUNI 14
|
JML
|
INF
|
%
|
1
|
ILO
|
174
|
2
|
1,15
|
4. ANALISA TABEL
Terjadi infeksi saluran kemih, pasca pemasangan urine
catheter sebesar 3,79 ‰ (mil), VAP nihil, HAP nihil, IADP nihil ( ditunggu
selama 3x24 Jam)
Phlebitis akibat pemasangan infus sebesar 16,02 ‰ dan
akibat pengambilan darah laboratorium sebesar 2,32 ‰ dan ini terkait dengan
mutu pelayanan dan tidak ditunggu 3 x 24
jam, berarti tiap 1000 hari perawatan akan ada pasien yang phlebitis sebanyak
16 orang akibat pemasangan infus dan ada 2 orang phlebitis akibat pengambilan
sample darah.
Terdapat Infeksi luka WSD 2,36 ‰ berarti setiap 1000 hari
perawatan akan terjadi 2 kasus infeksi sekitar luka WSD.
Dekubitus masih terjadi sebesar 3,03 ‰, dan ini menjadi
salah satu indikator mutu pelayanan.
Infeksi luka Operasi 1,15% artinya daalam 100 kali
operasi akan ada 1 orang pasien yang terifeksi dan angka ini masih dianggap
wajar.
Rumus untuk
mendapatkan inciden rate:
kejadian infeksi
kasus baru X 1000
Semua pasien
yang berpotensi terinfeksi
Rumus untuk
mendapatkan inciden rate pada kasus bedah
Jumlah kejadian
infeksi kasus baru X 100
Semua pasien
yang berpotensi terinfeksi (post op)
Kemungkinan penyebabnya
adalah ;
1.
Disinfeksi
yang tidak adequat.
2.
Prosedur
yang tidak dijalankan dengan baik saat pemasangan IV Catheter.
3.
Lingkungan terkontaminasi kuman.
4.
Kepatuhan
cuci tangan petugas saat sebelum melaksanakan tindakan a septic masih sangat
rendah, meskipun belum ada data untuk kepatuhan cuci tangan.
5.
Perawatan
luka / puncture site yang tidak adequate
6.
Penggunaan
IV line ≥ 1 minggu
di satu tempat.
5. SURVEY KEPATUAHAN CUCI TANGAN (HH)
Tabel survey
kepaatuan cuci tangan yang dilaksanakan pada April 2014
NO
|
NAMA
|
TINDAKAN
|
SEBELUM KONTAK DENGAN PASIEN
|
SEBELUM MELAKUKAN TINDAKAN ASEPTIK
|
SESUDAH KONTAK DENGAN CAIRAN TUBUH PASIEN
|
SETELAH KONTAK DENGAN PASIEN
|
SETELAH KONTAK DENGAN LINGKUNGAN PASIEN
|
YA
|
TIDAK
|
%
|
1
|
FTR
|
GV
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
0
|
0
|
|
2
|
MIF
|
VISITE
|
X
|
X
|
V
|
X
|
X
|
1
|
20
|
|
3
|
FAT
|
VISITE
|
X
|
X
|
V
|
X
|
X
|
1
|
20
|
|
4
|
AZ
|
GV
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
0
|
0
|
|
5
|
RHY
|
GV
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
0
|
0
|
|
6
|
HDY
|
GV
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
0
|
0
|
|
7
|
DMY
|
PERBEDENT
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
0
|
0
|
|
8
|
YNT
|
GV
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
0
|
0
|
|
9
|
TS
|
GV
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
0
|
0
|
|
10
|
RIZKY
|
AS ETT
|
V
|
V
|
V
|
V
|
X
|
4
|
80
|
|
11
|
SUSAN
|
AS ETT
|
V
|
V
|
V
|
X
|
V
|
4
|
80
|
|
12
|
AR
|
VISITE
|
V
|
V
|
V
|
X
|
X
|
3
|
60
|
|
JUMLAH
|
3
|
3
|
5
|
0
|
0
|
13
|
21,7
|
|||
27,3
|
27,3
|
45,5
|
0
|
0
|
21,7
|
Analisa
tabel diatas
a.
Sebelum
kontak dengaan pasien hanya 27,3 %
b.
Sebelum
melakukan tindakan hanya 27,3%
c.
Sesudah
kontak dengan cairan tubuh pasien hanya 45,5%
d.
Setelah
kontak dengan pasien dan lingkungan pasien hanya 0 %
Jadi kepatuhan cuci tangan di RSPG hanya 21,7%
GAMBARAN CUCI TANGAN DI RSPG
Gambaran seperti ini
diakibatkan karena setiap tindakan mereka selalu menggunakan sarung tangan
(Handschoen), ini yang mengakibatkan
cuci tangan menjadi diabaikan karena semua merasa aman untuk dirinya, tapi
tidak aman bagi pasien.
Penggunaan sarung tangan
yang salah, akan berdampak pada banyak hal terutama, sarung tangan menjadi
media perpindahan kuman dari satu pasien kepasien lainnya, ke nurse station, ke
Catatan medik dll.
6. MEKANISME PENENTUAN HAIs DENGAN KULTUR
Di RSPG Cisarua sudah dimulai
untuk pemeriksaan kultur MO dimana manfaat dari pemeriksaan tersebut adalah
untuk meneliti peta kuman di RSPG dengan demikian pemberian
antibiotik/antimikroba kepada pasien betul-betul berdasar pada peta kuman yang
ada. Selain itu pemeriksaan kultur juga dilakukan untuk pemeriksaan kejadian
HAIs, sehingga infeksi yang terjadi betul-betul dapat dikendalikan.
Telah dimaklumi bersama bahwa, penentuan beberapa kasus
infeksi rumah sakit harus ditentukan dengan pemeriksaan kultur, sehingga tidak
dikira-kira dan ada bukti otentik bahwa infeksinya akibat kuman yang terdapat
dilingkungan rumah sakit dan atau petugas rumah sakit. Tapi pada kasus-kasus
yang jelas terjadi infeksi setelah 2 hari perawatan di RS (3 x 24 jam), maka
tidak menunggu hasil kultur.
·
Manfaat Pemeriksaan Kultur
o
Mengetahui jenis kuman/peta kuman
o
Mengetahu resistensi kuman/Mengetahui Antibiotik yang
harus diberikan
Pemeriksaan Kultur di RSPG baru dimulai pada bulan Agustus
2014, sehingga belum ada hasil peta kuman dan baru akan ada hasilnya pada
Januari 2015. Namun meskipun baaru beberapa pasien yang diperiksa kultur sudah
ditemukan beberapa kuman penyebab HAIs antara lainnya sudah ditemukan MRSA,
MRS, Pseodomonas dan beberapa kuman yang belum familier di RSPG.
7. TABEL PEMERIKASAAN KULTUR TERKAIT HAIS
Berikut ini ada beberapa pasien yang yang diperkirakan
terpapar kuman RS
Nama
|
Jenis Specimen
|
Ruangan
|
Pemeriksaan
|
Hasil kultur
|
Tn. Ahmad
|
dahak
|
Melati
|
Gram(-) Coccus
|
Klebsiella,
pseudomonas
|
Yeti
|
Cairan Pleura
|
Kacapiring
|
|
Pseudomonas sp
|
Marie
|
Dahak
|
Melati
|
Gram(-) Batang
|
Pseudomonas
Aureginesus
|
Pipin
|
Cairan Pleura
|
Melati
|
Gram(-) Coccus
|
Acinobacter
gaumanii, staphylococcus
|
Aah
|
Dahak
|
Kacapiring
|
Gram(-) Coccus
Gram(-) Batang
|
Staphylococcus
aureus
|
Pemeriksaan Kultur harus diminta/oleh dokter klinisi
ynang merawat, ada 28 pasien yang dimperiksa kultur oleh dokter sehingga
terdapat gambaran secara kulitatif sbb:
Daftar dokter yang memeriksakan kultur
No
|
Nama Dokter
|
jumlah
|
%
|
Keterangan
|
1
|
dr. Zubaedah,SpP, MARS
|
2
|
7,14 %
|
|
2
|
dr.
Neni Sawitri SpP
|
3
|
10,71%
|
|
3
|
dr. Faordiastiko
|
6
|
21,43 %
|
|
4
|
dr.
Alvin
|
3
|
10,71%
|
|
5
|
dr. R. Anom Risworo, Sp AN
|
4
|
14,29 %
|
|
6
|
dr.
Boedi Sadjarwa AM, SpP
|
1
|
3,57
%
|
|
7
|
dr. Saladdin Tjokronegoro, Sp BTKV
|
4
|
14,29 %
|
|
8
|
dr.
Miftah
|
1
|
3,57
%
|
|
9
|
dr. Nely, Sp PK
|
4
|
14,29 %
|
inisiatif
|
Dari daftar tersebut maka belum semua dokter aktif meminta pemerikasaan
kultur dan kultur yang diperiksa baru terbatas pada sample, dahak dan cairan
pleura
Harapan dan himbauan :
Semua dokter berperan aktif untuk memeriksakan kultur, baik darah, cairan
tubuh pasien, Urine, apusan tenggorokan (untuk pasien yang dipasang ETT) dan diperiksa
pada hari ke 3 perawatan di RS, sebelum diberi antimikroba/antibiotik.
Adapun prosedur tetap terkait pemeriksaan kultur akan segera diterbitkan,
sehingga apa saja yang harus diperiksa, langkah pengambilan dan perlakuan
terhadap sample dapat dilaksanakan dengan benar.
8. KEGIATAN YANG SUDAH DILAKSANAKAN
a.
Kampanye
Cuci tangan (hand Hygiene
campain)
Kegiatan ini terus
dilaksanakan dan secara bertahap
kesadaran untuk pentingnya cuci tangan
Program kepada pasien dan
pengunjung rumah sakit:
Program pendidikan dan pelatihan
kepada pasein dan penunggunya belum dilaksanakan secara berkesinambungan.
Sosialisasi tentang pengendalian infeksi masih sangat minim dilakukan,
memberikan informasi tentang pengendalian infeksi kepada pengunjung menjadi bagian
yang cukup penting untuk bisa terkendalinya infeksi nosokomial (HAIs). Program
pendidikan kepada petugas sedikit demi sedikit sudah berjalan, orientasi
petugas/karyawan baru siswa perawat, sudah dilaksanakan meskipun belum
sepenuhnya.
Program immunisasi belum dapat
dilaksanakan pada bulan ini karena terbentur dengan anggaran, demikian juga
dengan immuni sasi bagi petugas/karyawan yang rencananya akan dilakukan
immunisasi Hep.B
Untuk Survey
dapat terlaksana secara rutin untuk melihat mutu pelayanan ditinjau dari
beberapa angka infeksi yang antara lain ISK, ILO, pneumania, tusukan jarum
infus, sepsis, decubitus dan angka infeksi pada pemasangan WSD.
Kejadian infeksi
sangat terkait dengan terkait dengan program penyehatan lingkungan dirasakan
masih perlu banyak koreksi terutama lingkungan pasien yang berbaur dengan
penunggu pasien sangat mempengaruhi infeksi silang dari penunggu kepada pasien
atau sebaliknya.
b.
Mengikuti Pelatihan IPCN Pada 16 – 22 Maret 2014, di
gedung Bidakara Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta yang diselenggarakan oleh
HIIPPI Pusat.
c.
Mengikuti Workshop tenaga surveiland pada 9 – 12 Juli
2014 yang dilaksanakan oleh Dirjen BUK.
9. PENGGUNAAN ANTI MIKROBA
Penggunaan antibiotika dan
antimikroba di RSPG belum ada standarisasi / formularium yang disepakati. Pada umumnya
antimikroba yang digunakan adalah sepalosforin generasi III, karena dokter
lebih mengutamakan kesembuhan pasiennya dengan cara pemberian antimikroba yang
dipercaya. Sepalosporin generasi
III adalah antimikroba yang banyak dipilih, kemudia golongan quinolon dan gol
penisilin adalah pilihan ke 3.
Bahwa
pemetaan kuman di RSPG saat ini sedang berlansung dimana hasil peta kuman dapat
digunakan untuk keperluan penggunaan antibiotika dan antimikroba yang wajar,
sehingga formularium antibiotika/ antimikroba di RSPG segeraa dapat disusun.
10.
PEMBATASAN PENGUNJUNG
Pembatasan
pengunjung menjadi penting karena akan menyangkut beberapa hal; Pemutusan rantai penularan, kebersihan lingkungan, ketertiban keamanan dan
kenyamanan, mengurangi
kontaminasi terhadap pasien
Sampai saat ini
bila kita perhatikan pembatasan waktu berkunjung belum sempurna bahkan hampir tidak dibatasi.
Pengunjung baik anak dibawah 12 th sampai yang dewasa bebas memasuki area rumah
sakit.
Diruang kelas
VIP melati belum bisa dilaksanakan pembatasan pengunjung, sehingga terkadang
ruangan menjadi penuh dan pengap, sehingga menjadi kurang nyaman. Seperti di ruangan
lain yang seharusnya menjadi ruangan “isolasi”
digunakan juga oleh keluarga pasein untuk tidur dan menunggu pasien
diruangan yang sama/diruang rawat. Sehingga meskipun kami tidak memeiliki data
yang pasti, banyak ditemukan yang dulunya menunggu
pasien sekarang menjadi pasien.
11. LAPORRAN
PENGUJIAN BALAI BESAR TEHNNIK KESEHATAN LINGKUNGAN JAKARTA
·
Bahwa saat dilakukan pengujian baku mutu udara tidak
ditemukan angka diatas baku mutu yang telah ditetapkan
·
Untuk pemeriksaan alat medis, usap dinding, dan alat
makan (nampan, mangkok, plato, pisen lauk, dan piring makan) tidak terdapat
kuman/mikroorganisme yang pathogen yang dapat menyebabkan kesakitan atau wabah.
·
Seluruh ruangan terdapat/ditemukan jamur (laporan kami
lampirkan)
12. KESIMPULAN
DAN REKOMENDASI
a.
Kesimpulan
a). Angka
Infeksi rumah sakit / HAIs, di RSPG periode Januari-juni 2014 masih terkendali,
keculai angka phlebitis yang masih perlu ditindak lanjuti karena hal ini
menjadi indikator mutu RS, tentunya perlu disadari oleh berbagai praktisi kesehatan
lainnya seperti laboratorium juga memberikan kontribusi sebesar 23,4 ‰ terjadinya
phlebitis akibat tusukan jarum. Sehingga perlu adanya pelatihan kepekaan untuk
mengamil darah, kesamaan cara desinfeksi dan tidak menggunakan sarung tangan
satu kali pakai, tapi digunakan untuk
semua pasien.
b) Kewaspadaan
isolasi belum dipahami oleh staf dan petugas dilapangan sehingga masih
mengabikan prinsip-prinsip / konsep kewaspadaan isolasi.
b.
Rekomendasi
1)
Poli MDR sudah berjalan, sebaiknya diatur kembali untuk
akses khusus, dan akses menuju poli yang lainnya. Jangan abaikan 5 moment di
poliklinik.
2)
Untuk Bidang Perawatan dan Diklat, Perlu adanya pelatihan
/ Refresh untuk pemasangan IV Chateter, dan pelatihan penangan pasien menular,
mulai dari desinfeksi, mengeksekusi vena, penentuan kaliber jarum infus,
melakukan tindakan secara septik dan a septik, bisa dilakukan pada
kelompok-kelompok kecil disetiap ruangan,
termasuk unit laboratorium.
3)
Kepada
Komite Medik segera merampungkan pedoman/panduan penggunaan
antibiotik/antimikroba yang wajar, sambil menunggu peta kuman yang akan
direalisasikan pada tahun ini.
4)
Gunakan sarung tangan sewajarnya, kami anggap salah jika
visite, pemasangan elektrode ECG, Mendorong pasien/menggotong pasien,
membersihkan lantai, nyetir membagi makanan, menyuapi pasien, mendorong troli
tindaakan dll masih menggunakan sarung tangan (handscoen) dan cara yang terbaik
adalah menertibkan/membiasakan Hand Hygiene (5 moment).
5)
PKMRS Agar memberikan pemahaman kepada semua pihak baik kepada
petugas maupun pengunjung
tentang pembatasan kunjungan dimana waktu belum terkontrol dan anak-anak
dibawah 12 tahun masih banyak yang masuk bahkan menginap
di ruangan rawat inap.
6)
Selayaknya
Poli bedah dilaksanakan di poliklinik saja sehingga OK hanya digunakan sesuai
fungsinya, sesuai aturan yang ada.
7)
Perlu difikirkan penggunaan masker efisiensi tinggi
sperti N 95, tidak hanya di ruangan poli DOTS saja tapi diruangan rawat inap
yang mempunyai resiko yang sama sehingga para perawat mempunyai kepercayaan
diri yang tinggi dalam melakukan tindakan keperawatan / merawat pasien yang
beresiko menular secara airbone.
8)
Untuk Instalasi gizi agar memperbaiki cara mencuci bahan
makanan dan alat makan yang digunakan pasien, gunakan disinfekstan yang aman
untuk pencucian bahan makanan dan alat makan bila perlu menggunkan air hangat,
bila mungkin alat makan dilakukan sterilisasi.
9)
Dari hasil PPI Day (survey ke ruangan perawatan)
a.
Gordeng sebaiknya tidak menggunakan dari bahan linen,
meskipun linen bukan media transmisi yang baik untuk kuman direkomendasikan
supaya menggunakan bahan-bahan dari sejenis plastik sehingga mudah untuk
dibersihkan.
b.
Kursi yang digunakan untuk pelayanan sebaiknya dilapisi
sejenis kalp/plastik agar mudah untuk dibersihkan.
c.
Kesed alas kaki sebaiknya tidak digunakan karena akan
menjadi media yang subur untuk pertumbuhan kuman.
d.
Hampir disemua ruangan, pengunjung diminta untuk melepas
alas kaki. Tentu tujuannya adalah mempertahankan kebersihan ruangan karena
sering kali pengunjung memakai sepatu / sandal yang kotor, terutama dimusim
hujan. Menurut kaidah PPI tidak disarankan melepas alas kaki karena, kaki
pengunjung menjadi terkontaminasi kuman dari lantai rumah sakit selain itu juga
mengganggu akses keluar masuk ruangan karena pada umumnya diletakan didepan
pintu dan mengganggu estetika. Seharusnya mempertahankan kebersihan lantai
dengan meningkatkan frekwensi pembersihan lantai.
e.
Diruangan supaya tidak menyimpan dan me-reuse alat habis pakai seperti spuit dan
selang oksigen dan atau alat kesehatan yang sudah ditetapkan tidak di-reuse.
f.
Simpan bak seng atau piiring makan pada tempat yang
benar, sehingga sisa-sisa makanan tidak dirambah kucing atau binatang
pengganggu lainnya.
g.
Penjimpanan linen kotor harus pada kontainer yang tertutup, sehingga pada saat dibawa ke
loundry kuman yang terdapat pada linen kotor tidak beterbangan / menjadi
droplet.
h.
Ventilasi di ruang anggrek dan poliklinik lantai 2 adalah
yang paling buruk sebaiknya segera dibuatkan exhous fan sehingga udara dapat
bersirkulasi dengan baik.
10)
Suport dan pengawasan serta kepedulian tentang HAIs dari
pihak direksi dan stafnya secara berkesinambungan sangat dibutuhkan untuk dapat
meningkatkan layanan yang berkualitas.
11)
Konsep Isolasi segera dilaksanakan dengan pemenuhan
kebutuhan standar
12)
Kewaspadaan isolasi harus segera disosialisasikan secara
intensif kepada seluruh staf Rumah sakit sehingga dapat segera dipahami,
terbiasa dan dilaksanakan.
13. Penutup
Demikian
laporan ini di buat mudah-mudahan bisa
menjadi bahan pertimbangan untuk beberapa kebijakan yang menyangkut PPIRS, tentunya untuk kemajuan rumah sakit yang
dapat memberikan pelayanan yang bermutu, melalui penanganan pasien yang tepat pemutusan rantai
penularan penyakit dan pencegahan penyakit menular. Dengan demikian rumah sakit
kita turut berkontribusi untuk
menciptakan masyarakat Indonesia yang sehat dan mandiri, membebaskan manusia
dari sakit dan kecacatan.
|
Cisarua, Juli 2014
|
PPIRS. RSPG CISARUA BOGOR
KETUA
Dr. Saladdin Tjokronegoro, SpBTKV
Nip. 197406032009121001
|
IPCN /
Sekretaris PPIRS
Ferry Purwana
Leonard, Amk
Nip. 196501121991031004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar